Pages

Definisi dan konsep e-commerce dan e-bussines

Tugas 2
Mata Kuliah : E commerce
Kelas PIS0809
Politeknik Telkom


Definisi dan konsep e-commerce dan e-bussines



a) E-COMMERCE
e-commerce merupakan sebuah konsep baru dalam dunia jual beli, baik itu jual beli barang maupun jasa dengan menggunakan fasilitas internet. E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif,yaitu:

1. Dari perspektif komunikasi, EC merupakan informasi, produl/layanan, beserta proses pembayaran melalui lini telepon, jaringan computer, ataupun sarana elektronik lainnya.
2. Dari perspektif proses bisnis,EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
3. Dari perspektif layanan, EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
4. Dari perspektif online, EC kapasitas jual beli produk dan informasi di internet dan jasa online lainnya.

Model E-COMMERCE
• Bussines to Bussines, adalah perusahaan melakukan transaksi online dengan perusahaan lain
• Bussines to Consumer, adalah transaksi online terjadi antara perusahaan dengan konsumen individual
• Consumer to Bussines, adalah transaksi yang terjadi antara individu dengan perusahaan
• Consumer to Consumer, adalah transaksi yang terjadi antara individu dengan individu

b) E-BUSSINES
E-bussines merupakan suatu kegiatan pertukaran barang da jasa melalui media elektronik. Dengan e-bussines perusahaan dapat meminimalisir biaya operasional. Saat ini konsep e-bussines lebih diminati oleh para produsen maupun konsumen, hal tersebut dikarenakan telah banyak ditemukan data statistic yang menunjukan semakin meningkatnya nilai bisnis yang terjadi didunia maya, yang semakin lama semakin menyaingi proses bisnis yang terjadi didunia nyata.
Dalam menangkap dimensi ruang lingkup pengertian e-bussines,berikut cara yang biasa dipakai,yaitu dengan menggunakan prinsip 4W(what,who,where,dan why).
1). What, menjelaskan tentang aktifitas apa saja yang ada dalam e-bussines.
2). Who, menjelaskan siapa saja yang terlibat dalam aktifitas e-bussines.
3). Where, menjelaskan dimana saja aktifitas bisnis dapat dilakukan.
4). Why, menjelaskan mengapa para praktisi bisnis diseluruh dunia sepakat mengimplemntasikan e-bussines.

c). Perbedaan E-COMMERCE dan E-BUSSINES
Perbedaan yang mendasar mengenai e-bussines dan e-commerce adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar murni pada money oriented, sedangkan e-bussines berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah social lainnya.




Sumber referensi:
http://webdosen.bl.ac.id/dosen/020004/diktat/ecommerce/Chapter%20A-Ecommerce%20FTI%20s1.ppt
http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/
http://aprillins.com/
http://olivecaem.wordpress.com/
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar